Sabtu, 15 Februari 2020

Wujudkan Keelokan Keragaman Budaya Kota Jambi

Dilihat: 0 kali
Wujudkan Keelokan Keragaman Budaya Kota Jambi

Slogan Kota Jambi Beragam Eloknyo, sepertinya betul-betul di representasikan Pemerintah Kota Jambi dengan baik, sebagai identitas kota yang melekat pada keragaman budaya, suku bangsa, dan agama, yang menyatu dalam harmoni Kota Jambi Terkini.

Setidaknya hal tersebut kembali tampak nyata saat Pemerintah Kota Jambi melaksanakan agenda tahunan festival budaya yang bertajuk Pentas Harmoni Tanah Pilih Kota Jambi, Festival Budaya Cap Go Meh, yang berlangsung pada Sabtu malam (15/2).

Tahun ini, Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi mengambil tema “Swarnabhumi Culture and Art”, yang menggambarkan kekayaan budaya yang hadir di Bumi Jambi.

Festival budaya ini turut terselenggara dengan baik, berkat kerjasama dan kolaborasi apik antara Pemerintah Kota Jambi bersama beberapa yayasan etnis Tionghoa yang ada di Kota Jambi, seperti Yayasan Kesejahteraan Sentosa (YKS), Perkumpulan Umat Buddha Jambi (PUBJ) serta Matakin.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, jajaran Forkompimda Kota Jambi, Jajaran OPD Pemkot Jambi, Tokoh Etnis Tionghoa Jambi, Tokoh Lintas Agama dan masyarakat Kota Jambi.

Tampak ribuan masyarakat memadati lapangan utama Balaikota Jambi yang telah dihiasi dengan ratusan lampu lampion, guna menyaksikan berbagai penampilan seni dan budaya tersebut. Selain atraksi memukau barongsai, sebagai ikon budaya Tionghoa, tidak ketinggalan pula turut ditampilkan berbagai kesenian khas etnis tionghoa lainnya, seperti Tarian Dewi Seribu Tangan, Tarian Kipas, Kesenian Tambur, Penampilan Beladiri Wushu dan Kung Fu, serta penampilan artis Tionghoa.

Sebelumnya, pada sore harinya, secara bergantian tampil dipanggung tersebut, penampilan berbagai etnis yang ada di Kota Jambi, seperti pertunjukkan Bintang Timur, etnis Timur Indonesia (Papua, NTT, Maluku), Etnis Sunda, Etnis Jawa, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Kemeriahan Pentas Harmoni Tanah Pilih, Festival Budaya Cap Go Meh kali ini juga dirangkai dengan pemberian jeruk mandarin kepada warga senior Tionghoa, sebagai lambang kasih sayang dan penghormatan kepada sesama.

Tidak mau ketinggalan, Wali Kota Fasha pun turut berbagi sepeda gratis bagi masyarakat yang hadir, yang berhasil menjawab pertanyaan dari orang nomor satu di Kota Jambi itu. Acara malam itu diakhiri dengan pesta kembang api yang berlangsung meriah dan menambah keindahan langit Kota Jambi malam itu.(Humas/Rhmudin)

Baca Berita Lainnya

© Copyright 2019 PT. NUSANTARA BATANGHARI TIMES | All Right Reserved